Jokowi Mengusung UMKM Kalimantan Timur yang Go-Digital dan Kreatif
MEDIA INDONESIA - Jokowi terus mendorong konsep digitalisasi ke seluruh aspek kehidupan masyarakat. Hal ini juga berlaku bagi pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Kalimantan Timur.
Dalam rangka meningkatkan daya saing dari seluruh UMKM yang ada di Kalimantan Timur, Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kutai Kartanegara (Diskop-UMKM Kukar) menyelenggarakan kegiatan peningkatan saluran pemasaran internet bagi pelaku UMKM, melalui website bisnis.
Kepala Diskop-UMKM Kukar, Tajuddin menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan sebuah terobosan baru. Dimana selama ini pemanfaatan teknologi dalam dunia usaha, khususnya pelaku UMKM hanya dilakukan melalui media sosial (medsos) dan e-Commerce.
“Sekarang kita coba dengan terobosan, bagaimana pelaku UMKM memiliki website (bisnis) sendiri,” ucap Tajuddin.
Lebih lanjut, dia menjelaskan dengan website bisnis ini, para pelaku UMKM dapat melakukan display produk dan menjual produk-produknya. Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini para pelaku UMKM juga akan mendapatkan pelajaran bagaimana mampu melakukan branding yang baik terhadap setiap produknya. Sehingga kemudian produk-produk yang dipasarkan menjadi lebih menarik minat pembeli.
“Website ini bisa menjadi wadah baru memfasilitasi pelaku UMKM, sehingga promosinya lebih maksimal dan luas. Kalau dulu di medsos kecil, sekarang dibuatkan display dan variannya silahkan, dapat di tampilkan di website ini,” lanjutnya.
Kedepannya, Tajuddin berharap bahwa cakupan dari kegiatannya ini bisa lebih luas lagi. Tidak hanya terpusat di Tenggarong, tapi juga diharapkan dapat diselenggarakan di kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kukar. Terutama kecamatan-kecamatan yang memiliki potensi UMKM yang besar.
“Kita berharap kalau bisa kecamatan-kecamatan yang potensial menggunakan UMKM-nya ,” tutupnya.
0 Response to "Jokowi Mengusung UMKM Kalimantan Timur yang Go-Digital dan Kreatif"
Posting Komentar